[Road Trip] Menjelajah Pulau Selatan New Zealand

Blanket Bay, dalam perjalanan Glenorchy - Queenstown
Dulu, sebelum kami tahu asyiknya road trip (perjalanan darat dengan mobil), rencana kami liburan ke Pulau Selatan Selandia Baru sekedar mengunjungi kota Queenstown dan mengikuti tur dengan bis ke Milford Sound. Rencana kami berubah setelah berpengalaman melakukan road trip Gold Coast - Sydney. Ternyata keputusan untuk road trip dengan menyewa mobil menjelajah South Island terbukti tepat. Keindahan New Zealand tidak hanya ada di objek wisatanya, tapi juga sepanjang perjalanannya. Dengan mengendarai mobil, kita bisa bebas menepi di tengah perjalanan atau berhenti di gardu pandang (look out) untuk mengabadikan pemandangan indah dengan kamera.

Kami hanya punya delapan hari untuk menjelajah Pulau Selatan New Zealand, dimulai dari Queenstown (penerbangan dari Melbourne) dan berakhir di Christchurch (terbang kembali ke Sydney). Selama 8 hari itu kami disuguhi pemandangan beragam, mulai dari jalanan berkelok pinggir danau dengan latar belakang gunung berpuncak salju, bunga-bunga liar di tepi jalan, hamparan peternakan biri-biri, sapi dan kuda, jalan sempit di antara gunung dan lembah serta jalan di antara rimbun hutan. Agar anak-anak (dan terutama sopirnya) tidak terlalu capek, saya membuat itinerary maksimal 4 jam per hari dalam perjalanan.

A=Christchurch, B=Lake Tekapo, C=Wanaka, D=Queenstown, E=Te Anau, F=Milford Sound
Berikut adalah rangkuman itinerary jalan-jalan kami menjelajah Pulau Selatan Selandia Baru:

- Hari ke-1
Queenstown International Airport - Apartemen (7 km)
Kami tiba di Queenstown pukul 2 siang waktu setempat, mengambil mobil sewaan di kantor APEX di bandara, kemudian langsung cek in di Apartemen Garden Court. Sore hari kami habiskan dengan jalan-jalan di kota Queenstown.

Mobil sewaan yang kami parkir di jalan seberang apartemen
- Hari ke-2
Rute ini menyusuri danau Wakatipu menuju Glenorchy, kota kecil di ujung danau. Big A dan Si Ayah sempat berkuda di daerah yang katanya dijadikan salah satu lokasi syuting film The Lord of The Rings ini. Rute favorit Big A sepanjang 48 km ini dapat ditempuh dalam waktu 1 jam, dengan beberapa perhentian untuk berfoto. Sore hari, kami menempuh rute yang sama kembali ke Queenstown.

Big A berkuda di Glenorchy

Dalam perjalanan pulang Glenorchy - Queenstown. Difoto dari dalam mobil.
- Hari ke-3
Cek out dari apartemen, kami melanjutkan perjalanan ke Te Anau, yang merupakan base camp untuk mengunjungi Milford Sound. Te Anau adalah kota kecil di pinggir danau dengan nama yang sama. Kami menginap dua malam di Te Anau Lakeview Holiday Park. Dalam perjalanan yang ditempuh selama dua setengah jam ini kami disuguhi pemandangan pinggir danau Wakatipu dari arah sebaliknya dan peternakan biri-biri di daerah berbukit.

Bunga liar di pinggir danau Wakatipu, difoto dari Kingston Rd
Peternakan biri-biri di pinggir jalan Queenstown - Te Anau
- Hari ke-4
Perjalanan ke Milford Sound adalah rute terbaik sepanjang pengalaman saya. Di sepanjang perjalanan, saya dibuat ternganga oleh agungnya gunung yang menjulang tepat di depan mata. Kami juga harus melalui Homer Tunnel, terowongan sepanjang 1,27 km yang menembus gunung batu. Meskipun kami kesana ketika musim panas, salju masih bertengger di puncak gunung, dan lelehannya membentuk banyak air terjun kecil di badan gunung. Untuk perjalanan sepanjang 120 km ini kami membutuhkan waktu dua setengah jam termasuk untuk berhenti foto-foto. Sorenya kami kembali melalui jalan yang sama ke Te Anau.

Difoto dalam perjalanan Te Anau - Milford Sound
Air terjun dr salju yg meleleh. Difoto dari dlm mobil dlm perjalanan Milford Sound - Te Anau
- Hari ke-5
Setelah mengunjungi Milford Sound, saya tidak yakin bakal menemui pemandangan yang lebih bagus lagi. Tapi nyatanya alam New Zealand kembali mengejutkan kami. Dari Te Anau ke Queenstown, kami melalui rute yang sama dengan hari ke-3. Setelah makan siang di pinggir kota Queenstown, kami melanjutkan perjalanan dengan menaiki bukit menuju Wanaka melalui Cardrona. Pemandangan dari atas bukit begitu mengagumkan, begitu juga pemandangan ketika kami melewati jalan-jalan di antara dua bukit yang ditumbuhi semak-semak unik.

Bunga Lupin yang tumbuh liar di sepanjang jalan.
Jalan berkelok menuju Cardrona, difoto dari atas bukit
- Hari ke-6
Wanaka - Lake Tekapo via Mt Cook Alpine Salmon Farm (200 km)
Dari rute ini kami disuguhi pemandangan berbeda lagi, mulai dari Lindis Pass yang merupakan perbukitan yang ditumbuhi bunga liar berwarna kuning, sejauh mata memandang. Kemudian kami dibuat terheran-heran menyaksikan sungai berair biru turquoise. Puncak keheranan kami ketika berhenti sejenak di tepi Lake Pukaki: danau luas berair biru dengan latar belakang Mt Cook berselimut salju.

Lindis Pass
Berhenti sebentar di Lake Pukaki, dalam perjalanan Wanaka - Lake Tekapo
- Hari ke-7
Lake Tekapo - Christchurch (227 km)
Jalur ini, meskipun panjang, merupakan jalur yang mudah karena melalui jalan tol (Highway Number 1). Tidak banyak yang istimewa di sepanjang perjalanan selain beberapa peternakan dan kota-kota kecil. Kami berhenti sejenak di Timwald untuk membeli minum, buah dan camilan.
Sampai di Christchurch, kami cek in di Motel, kemudian jalan-jalan di sekitar Canterbury Museum.

- Hari ke-8
Christchurch - Christchurch International Airport (11 km)
Pagi hari setelah cek out dari motel, kami sempat jalan-jalan di kota Christchurch yang belum pulih sepenuhnya dari gempa Februari 2011. Beberapa objek wisata yang sudah buka dan layak dikunjungi adalah Botanical Garden, Museum Canterbury dan Punting menyusuri sungai Avon.

Rute yang lebih populer dari road trip yang kami lakukan adalah berkendara dari arah sebaliknya, dari Christchurch menuju Queenstown. Kalau punya waktu lebih, bisa juga melakukan road trip Christchurch Loop, mulai dan berakhir di kota Christchurch. Rute Christchurch Loop yang kami sarankan adalah: Christchurch - Arthur Pass - Greymouth - Franz Josef Glacier - Fox Glacier - Haast - Wanaka - Queenstown - Te Anau - Milford Sound - Cromwel - Twizel - Lake Tekapo - Christchurch. Jarak tempuh dan peta rute ini bisa dicari dengan mudah menggunakan Google Map: Get Directions.

~ The Emak

1. Salam kenal mbak Ade, wah jalan-jalan ke South Island-nya seruuu dan foto-fotonya keren...musim panas ataupun musim dingin, pemandangannya sama-sama menakjubkan.
    Kunjungan balik nih, trims sudah mampir di blog saya :)

2. Thanks Mb Mala utk sharingnya. Sungguh membantu utk saya yang baru ngemper di Auckland ini. Jadi semangat nabuuuuuung. Hehehe

3. Salam kenal juga Pungky. Aku memang sempat ngintip blogmu, baca tulisan tentang Queenstown sebelum berangkat beneran ke sana. Emang keren beneran ya, sesuai ceritamu. Nggak pengen pulang :) Trims sudah singgah.

4. Teguh, enak bener kamu ngemper-nya di Auckland ya, bisa puas ntar jalan2nya di NZ. Mau dong ikut ngemper, belum puas ini liburannya. Pulau Utara belum terjamah. Thanks udah singgah di blog Precils :)

5. Anonymous18.1.12

a great event...!!salam. Laila

6. thanks for reading, Laila. cheers :)

7. wow!! bunganya2 bagus2 .. subhanallah keren2 :)

8. @Nathalia trims :) Jangan lupa baca postingan yang lain juga ya, masih banyak foto-foto bunga yang bagus.

9. great blog, makasih atas tips2 nya ya...
    mungkin saya kesana next year :)

10. Anonymous31.12.12

Hi The Precils, like very much of your blog ttg Road Trip!! terutama foto2nya yg bkin ngiler se-ember! :D

Kebetulan tahun depan aku sm tmn2ku niat ke NZ dan tertarik bgt Road Trip ke Milford Sound (kemungkinan berangkat dr Queenstown)

Ada rekomendasi kah travel guide yg bisa memandu kita disana?? :D kita tadinya mau sewa mobil tapi takut kesasar.. hehehehe

Thanks yaaa..

- Utie

11. @Abraham
    sama-sama. makasih sdh mampir ke sini. have a safe and wonderful holiday.

@Utie
    kalau saranku sih sewa mobil aja karena petunjuk jalan/rambu2 jelas bgt dan jalannya gak banyak bercabang. drpd ikut tur gak bisa berhenti sewaktu2 utk motret :)
    tapi kalo tetep ikut tur aku sarankan operator tur yg udah berpengalaman kayak Real Journey. kami pakai mereka utk tur menyusuri fiord di Milford. https://www.realjourneys.co.nz

12. novi2.1.13

Mba kalo boleh tau, budgetnya brp buat 8 hari road trip dan boleh minta link website/ nama tmpat mba nginep slama disana? Ma kasih ya mba

13. @Novi
    Budget pasti mengikuti gaya liburan masing2 orang ya. Kalau kami berempat habis sekitar $250 per hari utk penginapan, makan, transport lokal, dan atraksi wisata. Belum termasuk tiket pesawat ke negara tujuan.
    Tentang penginapan, semua saya tulis di sini:http://www.thetravelingprecils.com/2011/12/tips-memilih-penginapan-di-new-zealand.html

14. Anonymous14.1.13

ibarat menemukan mutiara...blog ini sangat informatif dan bebas dari pesan sponsor ....terus terang saya lebih percaya yg spt ini daripada yg "resmi" ...saya akan jadikan panduan utk liburan kami sekeluarga ke Aussie & NZ ( 3 minggu : 1 minggu di NZ & 2 minggu di Aussie ) bulan delapan tahun ini...tq banget udah sharing info liburan...

EV

15. @EV
    Makasih sudah baca blog the precils. senang bisa membantu :)

16. Anonymous23.1.13

Mba Mala, wkt saya ke aussie bln april 2012 lalu, salah satu referensi berwisatanya saya dptkan dr blog mba loh. benar2 sangat membantu. wkt itu saya sempat email ke mba mala juga utk tanya2. saya pergi berempat (suami, saya, anak 2). nah...skr baca blog mba ttg NZ, saya jd pengen liburan kesana (maunya sihhh...tergantung pak boss dulu, hehehe). yg jd pertanyaan saya :
    1. kl liburan ke NZ dg road trip membawa anak umur 1 thn disarankan nggak mba?kr anak saya skr udah 3 (9 thn, 7 th, dan 1 thn pas juli nanti). atau lebih baik saya liburan ke kota seperti melbourne?mohon sarannya...
    2. kl bln juli ke NZ, musim dingin ya disana?

thanks mba malaaa..., ditunggu tulisan2 berikutnyaaa...

*blog ini udah semuanya saya baca, tapi tetep aja bolak balik saya baca ulang, senang dg tulisan dan foto2nya... :)

Poppy

17. @Poppy
    terima kasih sudah jadi pembaca setia blog The Precils. senang bisa membantu :)

1. Tujuan ke NZ mau lihat apa? Kalau memang suka pemandangan alam, NZ bakal memanjakan mata dan jiwa. Tapi kalo gak begitu suka main di alam dan lebih suka suasana kota, tdk disarankan ke NZ, terlalu sepi.
    Kalau anak usia 1 tahun belum ngerti apa2 ya, jadi anggap aja penggembira. Concern-nya kalo road trip, jgn terlalu overdosis di jalan. kalo standar saya 2-4 jam di mobil. biasakan juga utk dipakaikan car seat.

2. Bulan Juli musim dingin di NZ. kalo nggak pengen main salju, mending jangan ke NZ pas musim dingin, karena bbrp jalan seperti terowongan Milford Sound ditutup. Jadi cuma bisa main2 di resort salju aja. karena letaknya lebih selatan drpd Aussie, musim panas aja rasanya seperti musim semi/gugur. kalo musim semi/gugur mungkin kayak musim dingin di Oz. Tau deh kalau musim dingin, bakalan bbrrr... :D

18. Anonymous25.1.13

Artikelnya keren ....
    Liburan lebaran ini kami pengin ke NZ
    Ber-4 sama anak2, maunya juga sewa mobil dan mengendarai sendiri

Yang masih jadi pertanyaan Agustus kan pas Winter memumgkinkan gak ya untuk drive sendiri di kala winter ?

Ditunggu ya mbak infonya

Thanks alot

19. makasih udah baca blog the precils.
    kalo mau nyetir pas winter memang ada aturan sendiri, kayak pasang rantai salju (snow chain) untuk ban. biasanya bisa sewa di persewaaan mobilnya. kadang kalo saljunya terlalu tebal, beberapa jalan ditutup, seperti terowongan menuju Milford Sound. tapi gak selalu begitu kok, tergantung kondisi aja.
    Ini ada link ttg driving pas winter di NZ:

20. Anonymous12.2.13

Wah pas banget , pingin ke NZ ketemu blog ini ... rencana sih tahun ini bulan Agustus ( libur Lebaran ) tapi cuacanya bersahabat nggak ya ? di NZ cuman 4 hari nutut nggak klu ke South ?

21. mepet banget ya kalau empat hari. kalau cuma ke selatan aja sih bisa, base nya di Queenstown, ntar bisa mampir ke Milford, Glenorchy dan Wanaka.

22. Salam kenal mba, keren banget post nya.
    saya dan keluarga berencana insyaAllah bulan December akan ke South NZ. Blog mba Ade sekarang jadi referensi saya untuk membuat itinerary ke NZ. Kami mau mencoba rute Christchurch - Queenstown dan tentu saja mampir juga di Milford Sound.

Makasih ya sudah sharing pengalamannya. Kalo liat foto2 disini rasanya gak sabar pengen cepet2 menikmati alam NZ.

Oya saya mau tanya. Suami saya pengen sekali coba TranzAlpine KiwiRail spt rekomendasi temen2nya. Tapi saya masih mempertimbangkan kira2 worth it gak ya, secara harga tiketnya mahal. Apakah dibanding road trip, naik kereta masih mengasikkan gak ya? Karena cuma seharian di kereta, beda dengan road trip yg kita bisa keluar dari mobil dan foto2. Kami ingin mencoba rute Christchurch-Greymouth return di hari yg sama.

Thanks yaa
    Viarty

23. @Viarty
    Terima kasih sudah menjadi pembaca blog Precils :)
    Saya dulu juga pengen nyoba naik kereta, tapi waktunya tidak cukup.
    Kalau perjalanan cukup lama, tidak ada salahnya mencoba. Katanya scenic banget ya rutenya.

24. This comment has been removed by the author.

25. Keren blog ini.oh iya kalau boleh tau road trip 8 hari ini biayanya berapa ya? buat patokan nanti liburan hehe. ditunggun infonyaa :)

-Thanks-

1. Kalau untuk sendiri patokannya $100/hari. Kalau utk keluarga (2dewasa+2anak) kira2 $250/hari. Ditambah tiket pesawat pp dari negara asal ya.

26. Salman31.8.13

wiih keren bangeet. kalau boleh tau biaya segitu berapa ya?
    - thanks -

27. Salam Precils,
    Saya dari Malaysia dan berkeinginan untuk wisata di Pulau Selatan. Mau Tanya kalau saya sampai ke Lake Tekapo dan tidak terus ke Chrishchurch dan kembali ke queensland, Ada kah lebih baik?

1. Bisa saja, nggak masalah. Tp usahakan pake rute berbeda, biar nggak bosen :)

28. Salam, blognya sangat berguna sekali. Boleh tahu2 dahulu perjalanan Precils di NZ dilakukan tgl dan bulan berapa ya? Saya lihat foto2nya bagus sekali apakah pemandangan tsb hanya bagus di musim2 tertentu? Thx b4

29. waaa mbak keren banget. tanya dong misalkan sewa mobil dari queenstown berarti harus balik lagi ke queenstown ya mbak? utk balikin mobilnya? apa bsa kembalii di kota2 lainnya gitu mngkkn ada perwakilan agentnya? makasi banyak

30. Asli...Keren banget... been there in Dunedin & Christchurch. I wish you could invite other people to have traveling experience like what you did, it's gonna be awesome

31. Anonymous4.4.17

Hai mbak, saya baca baca blog mbak ke NZ, so in love :)
    kebetulan agustus nanti ada trip ke NZ, untuk hari pertama tgl 7 agustus malam sampe Christchurch dan bermalam disana, rencana sampe tgl 12 untuk jalan2 bagian selatannya, Tgl 13 pagi menuju Auckland dengan pesawat (kebetulan dapat yang super murah hehehe)
    selama 5 hari ini dibagian selatan yang dimulai dengan Christchurch, baiknya saya menyewa mobil ga ya mbak ? pengen ikutin Rute yang mbak kasih Christchurch dan balik ke Christchurch lagi, itu sudah dapat semuanya ga ya mbak hehehe.
    selanjutnya tanggal 13 pagi saya sudah di Auckland dan kembali ke JKT tgl 16 malam, apa perlu menyewa mobil juga untuk bagian utara ini mbak ? atau kalau tanpa sewa mobil, kira2 sulit ga ya transportasi di bagian Utara NZ ini.
    Mohon masukannya ya mbak.
    Terima kasih banyak
    (Maaf kepanjangan hihi)

32. Catherine3.7.17

Hi Mbak,
    Saya suka banget blog Mbak ini, sangat informatif, kebetulan saya juga lagi merencanakan liburan ke NZ dengan road trip dari Queenstown ke Chrischurch. Cuma saya baca blog yang lain, katanya disarankan untuk ikut Dart River Funyak dari Queenstown ke Glenorchy, jadi mau tanya advice dari mbak, apakah memang recommended ? dan bila sudah mengikuti Dart River Funyak, apakah masih perlu untuk mengemudi sendiri ke Glenorchy untuk menikmati perjalanan via darat ?

Mohon masukkannya ya, terima kasih banyak.

33. Anonymous29.4.18

Haloo mbak Ade,
    Terimakasih ceritanya, sangat berguna sekali,jadi dapat bayangan, meskipun jarak tahunnya cukup jauh (2018) Rencana saya dengan suami dan anak 9 tahun mau ke NZ via Auckland bulan Agustus tahun 2018 ini selama 9 hari dengan perjalanan, full di NZ nya 7 hari. Kami pengen focus ke Selatan tetapi karena via Auckland sayang juga tidak disambangi sekitar Auckland nya. Menurut mbak untuk itinerary nya baiknya gimana ya pembagiannya?. Kalau nyetir sendiri pada bulan agustus tahun gimana ya mbak? Bagaimana perbandingan biaya bila menggunakan bus atau nyetir sendiri?
    Oya apakah informasi di blog tahun 2013 apakah masih relevan dengan tahun sekarang 2018?